Nama Kelompok :
1. Deni
Setiawan
2. Eka
Rizky W
3.
Elsa
Vidyana
1.
Topik
: Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronok
(E-commerce)
2.
Rangkuman
:
Perdagangan
elektronik (e-commerce) adalah pengunaan jaringan
komunikasi dan komputer untuk melaksanakan
proses bisnis.Pandangan populer dari e-commerce adalah pengunaan internet dan
komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk.
A. PERDAGANGAN
ELEKTRONIK
Definisi sempit dari perdagangan
eektronik yaitu meliputi transaksi- transaksi bisnis yang berhubungan pelanggan
dan pemasok yang menghubungkan komputer melalui internet.
1. E-Commerce
di Luar Batas Perusahaan
a. B2C
(Businnes-to-Consumer)
b. B2B
( Businnes-to-Businnes)
2. Manfaat-Manfaat
yang diharapkan dari E-Commerce
·
Perbaikan Layanan pelanggan Sebelum,
Selama, dan Setelah penjualan.
·
Perbaikan hubungan dengan pemasok dan
komunitas keuangan
·
Peningkatan imbal hasil ekonomis atas
pemegang saham dan pemilik investasi.
3. Kendala-Kendala
E-Commerce
·
Biaya yang lebih tinggi
·
Kekhawatiran akan masalah keamanan
·
Peranti Lunak yang belum mapan
4. Ruang
Lingkup E-Commerce
E-Commerce bersifat dinamis dan ruang
lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.
5. Jalan
Menuju E-Commerce
Rencana
bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna
meraih keunggulan kompetitif.
6. INTELEGENSI
BISNIS
·
Basis Data Eksternal
·
Mesin Pencari
7. SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Perusahaan
dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan
suatu sistem interorganisasional (Interorganiaional – IOS) sehingga semua
perusahaan bekerja sama sebagai unit
yang terkoordinasi , meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh tiap
perusahaan.
1. Manfaat
IOS
·
Efisiensi Komparatif
·
Kekuataan Penawaran
2. EDI
3. Ekstranet
4. Sekutu-Sekutu
Bisnis Proaktif dan Reaktif
5. Pengaruh
Penerapan
·
Tekanan Kompetitif
·
Penggunaan Kekuasaan
·
Kebutuhan Internal
6. Manfaat
– Manfaat Tidak Langsung IOS
·
Mengurangi Kesalahan
·
Menurunkan Biaya
·
Meningkatnya efisiensi operasional
D. STRATEGI B2C UNTUK
E-COMMERCE
1.
Produk-Produk Digital
2.
Produk-Produk fisik
3.
Pejualan Maya versus campuran
4.
Pemerintahan Elektronik
E.
LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
1. Perdagangan Bergerak
2. Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
F.
MENGGUNAKAN INTERNET
·
World Wide Web
3.
Tanya Jawab :
a. Saat
ini jaringan internet yang ada di Indonesia sangat lelet Bagaimana cara
mengatasi masalah tersebut ?
Cara
mengatasinya yaitu dengan cara saat kita menggunakan jaringan internet terdapat
sistem agar tidak lelet. Disitulah kita bisa mengoperasikan sistem tersebut
agar penggunaan internet tidak lelet.
b. Jelaskan
mengenai saran keberhasilan Pengguna Internet
1) Pastikan
situs web anda kuat
Disini
sebaiknya situs web yang dimiliki mudah dicari, di dukung dengan
aplikasi-aplikasi pembantu
2) Pastikan
browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
Fleksibel
disini maksudya yaitu mudah dijangkau, sedangkan intuitif disini web tidak
membosankan
3) Menekankan
isi
Tampilkan
inti perusahaan, aktivitas yang dilakukan khususnya moment-moment tertentu,
promo yang dibeikan perusahaan.
4) Sering
diperbarui
Setiap
ada kegiatan tertentu menampilkan di beberapa situs.
5) Melihat
di luar pelanggan
Web
yang digunakan untuk melihat lingkungan sekitar dan para pesaing
6) Tunjukka
isi pada kebutuhan spesifik pengguna
Disini
berkaitan dengan indetitas dari seseorang.
7) Menjadikan
internet intuitif
Disini
seperti poin no.2 jangan membuat pengguna bosan. Buatlah situs yang mudah
digunakan.
8) Berada
di Lokasi Web yang tepat
9) Ciptakan
rasa kebersamaan
Perusahaan
harus berbaur dengan masyarakat sehingga jika terdapat saran , keluhan ,
kritikan perusahaan bisa menanggapi hal terseut melalui web.
10) Carilah
bantuan jika web anda membutuhkannya
Carilah
tenaga ahli yang professional untuk pembuatan da pemeliharaan situs web
C. Apakah
ada kerugian perusahanan menggunakan e-commerce ?
1) Kehilangan
financial karena terdapat penipuan transfer
2) Pencurian
info yang berharga
3) Kehilangan
keempatan bisnis karena kehilangan pelayanan yang disebabkan situsnya tiba-tiba
mati
4) Penggunaan
akses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
4.
Kesimpulan
/ Pendapat
Dengan adanya e-commerce proses bisnis
yang dijalankan akan lebih cepat dan dapat mengakses data maupun informasi
dalam tempo yang cepat meskipun investasi awal mahal. E-Commerce juga dapat
membatu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dijual dan produk yang akan
diperjualbelikan bisa sampai ranah internasional.
Pengguna internet harus digunakan secara
bijak agar tidak merugika berbagai pihak . Dan saat ini kegiatan apa pun
melalui sistem online. Dari jual beli, transaksi pembayaran, dan lain
sebagainya. Dengan adanya e-commerce pula perusahaan bisa bersaing dengan
pesaing serta dapat mengetahui kelemahan pesaing melalui info yang ada di web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar