Jumat, 15 September 2017



Nama Kelompok :
1.      Deni Setiawan
2.      Eka Rizky W
3.      Elsa Vidyana

1.      Topik : Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronok (E-commerce)
2.      Rangkuman :
Perdagangan elektronik (e-commerce) adalah pengunaan jaringan
 komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis.Pandangan populer dari e-commerce adalah pengunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk.
A.    PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Definisi sempit dari perdagangan eektronik yaitu meliputi transaksi- transaksi bisnis yang berhubungan pelanggan dan pemasok yang menghubungkan komputer melalui internet.
1.      E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
a.       B2C (Businnes-to-Consumer)
b.      B2B ( Businnes-to-Businnes)
2.      Manfaat-Manfaat yang diharapkan dari E-Commerce
·         Perbaikan Layanan pelanggan Sebelum, Selama, dan Setelah penjualan.
·         Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
·         Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan pemilik investasi.
3.      Kendala-Kendala E-Commerce
·         Biaya yang lebih tinggi
·         Kekhawatiran akan masalah keamanan
·         Peranti Lunak yang belum mapan
4.      Ruang Lingkup E-Commerce
E-Commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan.
5.      Jalan Menuju E-Commerce
Rencana bisnis strategi akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.
6.      INTELEGENSI BISNIS
·         Basis Data Eksternal
·         Mesin Pencari
7.      SISTEM INTERORGANISASIONAL
Perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional (Interorganiaional – IOS) sehingga semua perusahaan  bekerja sama sebagai unit yang terkoordinasi , meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh tiap perusahaan.


1.      Manfaat IOS
·         Efisiensi Komparatif
·         Kekuataan Penawaran
2.      EDI
3.      Ekstranet
4.      Sekutu-Sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
5.      Pengaruh Penerapan
·         Tekanan Kompetitif
·         Penggunaan Kekuasaan
·         Kebutuhan Internal
6.      Manfaat – Manfaat Tidak Langsung IOS
·         Mengurangi Kesalahan
·         Menurunkan Biaya
·         Meningkatnya efisiensi operasional
D. STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
1. Produk-Produk Digital
2. Produk-Produk fisik
3. Pejualan Maya versus campuran
4. Pemerintahan Elektronik

E. LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
 1. Perdagangan Bergerak
 2. Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat

F. MENGGUNAKAN INTERNET
·         World Wide Web
3. Tanya Jawab :
a.       Saat ini jaringan internet yang ada di Indonesia sangat lelet Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ?
Cara mengatasinya yaitu dengan cara saat kita menggunakan jaringan internet terdapat sistem agar tidak lelet. Disitulah kita bisa mengoperasikan sistem tersebut agar penggunaan internet tidak lelet.
b.      Jelaskan mengenai saran keberhasilan Pengguna Internet
1)      Pastikan situs web anda kuat
Disini sebaiknya situs web yang dimiliki mudah dicari, di dukung dengan aplikasi-aplikasi pembantu
2)      Pastikan browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
Fleksibel disini maksudya yaitu mudah dijangkau, sedangkan intuitif disini web tidak membosankan
3)      Menekankan isi
Tampilkan inti perusahaan, aktivitas yang dilakukan khususnya moment-moment tertentu, promo yang dibeikan perusahaan.
4)      Sering diperbarui
Setiap ada kegiatan tertentu menampilkan di beberapa situs.
5)      Melihat di luar pelanggan
Web yang digunakan untuk melihat lingkungan sekitar dan para pesaing
6)      Tunjukka isi pada kebutuhan spesifik pengguna
Disini berkaitan dengan indetitas dari seseorang.
7)      Menjadikan internet intuitif
Disini seperti poin no.2 jangan membuat pengguna bosan. Buatlah situs yang mudah digunakan.
8)      Berada di Lokasi Web yang tepat
9)      Ciptakan rasa kebersamaan
Perusahaan harus berbaur dengan masyarakat sehingga jika terdapat saran , keluhan , kritikan perusahaan bisa menanggapi hal terseut melalui web.
10)  Carilah bantuan jika web anda membutuhkannya
Carilah tenaga ahli yang professional untuk pembuatan da pemeliharaan situs web

C.     Apakah ada kerugian perusahanan menggunakan e-commerce ?
1)      Kehilangan financial karena terdapat penipuan transfer
2)      Pencurian info yang berharga
3)      Kehilangan keempatan bisnis karena kehilangan pelayanan yang disebabkan situsnya tiba-tiba mati
4)      Penggunaan akses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4.      Kesimpulan / Pendapat
Dengan adanya e-commerce proses bisnis yang dijalankan akan lebih cepat dan dapat mengakses data maupun informasi dalam tempo yang cepat meskipun investasi awal mahal. E-Commerce juga dapat membatu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang dijual dan produk yang akan diperjualbelikan bisa sampai ranah internasional.
Pengguna internet harus digunakan secara bijak agar tidak merugika berbagai pihak . Dan saat ini kegiatan apa pun melalui sistem online. Dari jual beli, transaksi pembayaran, dan lain sebagainya. Dengan adanya e-commerce pula perusahaan bisa bersaing dengan pesaing serta dapat mengetahui kelemahan pesaing melalui info yang ada di web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENYELARASAN ANTARA PERENCANAAN BISNIS DENGAN PERENCANAAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Nama kelompok: 1.       Deni Setiawan 2.       Eka Rizky Wahyuni 3.       Elsa Vidyana D 1.       Topik : Penyelarasan Antara P...